Add caption |
Piston adalah
sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder
mesin pembakaran dalam silinder hidraulik, pneumatik,
dan silinder pompa.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
v Mengubah volume dari isi
silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari
isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima
tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
v Membuka-tutup
jalur aliran.
v Kombinasi
dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan
rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston
agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja
menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder
dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut
dengan ring sil (seal ring).
Piston
mesin
Piston dengan 2 ring kompresi dan 1 ring oli, waktu
dikeluarkan dari silinder mesin.
Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi
sebagai penekan udara
masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung
ke poros engkol (crankshaft,)
melalui setang piston (connecting rod). Material piston
umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang
sudah dicampur bahan tertentu (aluminium
alloy). Dikarenakan bahan tersebut maka piston memiliki muaian yang
lebih besar dibandingkan dengan rumahnya (cylinder blok). Hal tersebut harus diantisipasi dengan clearence
cylinder blok dan piston (selisih diameter piston dengan diameter cylinder
blok). Clearance ini bervariasi untuk masing2 piston. Banyak salah pengertian
diantara pada mekanik bahwa piston harus sesak atau pas dengan cylinder blok.
Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi macet (jammed) pada saat mesin panas
(overheat). Seharusnya piston longgar terhadap cylinder blok. Banyak orang
mengira bentuk dari piston adalah bulat. Sesungguhnya bentuk piston adalah oval
dengan bagian terkecil terletak didaerah lubang pin piston. Bagian atas dari
piston (tempat ring piston) selalu lebih kecil dari bagian bawah piston (bagian
ekor). Pada saat dimasukan ke dalam cylinder blok (yang berbentuk bulat
sempurna), bentuk oval dari piston ini akan mengakibatkan bagian yang lebih
kecil terlihat lebih renggang.
Ring
piston
Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli.
Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus
oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun
mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan
membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada
mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar